LAPORAN OBSERVASI (PSAN) DI KONSULAT KEHORMATAN REPUBLIK CEKO

PEMBAHASAN
A. Profil Republikk Ceko
   1. Sejarah : Republik Ceko adalah bagian barat Republik Federal Ceko dan Slovakia. Dibentuk menjadi sebuah negara umum setelah Perang Dunia I (28 Oktober, 1918), Ceko, Moravia, dan Slowakia tetap bersatu selama hampir 75 tahun. Pada tanggal 1 Januari 1993, dua republik terpecah menjadi dua negara terpisah.
    Ceko kehilangan kemerdekaan nasional mereka ke Kekaisaran Hapsburg pada tahun 1620 pada Pertempuran Gunung Putih dan untuk 300 tahun ke depan diperintah oleh Monarki Austria. Dengan runtuhnya monarki di akhir Perang Dunia I, menjadi negara merdeka Cekoslowakia dibentuk, didorong oleh, antara lain, Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson.
   Meskipun perbedaan budaya, orang Slowakia berbagi dengan aspirasi Ceko sama untuk kemerdekaan dari negara Hapsburg dan sukarela bersatu dengan Ceko. Untuk alasan historis, Slowakia tidak pada tingkat yang sama pembangunan ekonomi dan teknologi sebagai Ceko, tetapi kebebasan dan kesempatan yang ditemukan di Cekoslowakia memungkinkan mereka untuk membuat langkah untuk mengatasi ketimpangan ini. Namun, kesenjangan tidak sepenuhnya menjembatani, dan kesenjangan yang memainkan peran terus sepanjang 75 tahun serikat.Pada tahun 1992, panggilan Slovakia untuk otonomi lebih besar secara efektif memblokir fungsi sehari-hari dari pemerintah federal. Dalam pemilihan Juni 1992, Klaus Civic Partai Demokrat menang dgn mudah di tanah Ceko pada platform reformasi ekonomi. Vladimir Meciar Gerakan untuk Slowakia Demokratis muncul sebagai pihak terkemuka di Slowakia, mendasarkan banding atas tuntutan keadilan Slowakia untuk otonomi. Federalis, seperti Havel, tidak dapat mengandung kecenderungan menuju perpecahan. Pada bulan Juli 1992, Presiden Havel mengundurkan diri. Dalam paruh kedua tahun 1992, Klaus dan Meciar disepakati kesepakatan bahwa dua republik akan berpisah pada akhir tahun.
     Anggota parlemen federal, dibagi sepanjang garis nasional, nyaris tidak bekerja sama cukup untuk mengesahkan hukum resmi memisahkan kedua negara. Undang-undang ini disahkan pada tanggal 27 Desember 1992. Pada tanggal 1 Januari 1993, Republik Ceko dan Republik Slovakia secara bersamaan dan damai didirikan.
Hubungan antara kedua negara, walaupun sesekali perselisihan tentang pembagian harta federal dan mengatur perbatasan, telah damai. Kedua negara mencapai pengakuan langsung dari AS dan tetangga Eropa mereka.

Baca Selengkapnya... Silahkan Download

0 Comments