Birokrasi Menurut Max Weber


Berbicara tentang organisasi membuat kita akan berfikir untuk memberi definisi yang berbeda-beda sesuai dengan dasar pandangan kita. Ada banyak sejarah dan proses terbentuknya organisasi menurut para ahli, seperti sebagai berikut.
1.      Menurut ERNEST DALE: Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.
2.      Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
3.      Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
Deri penjelasan pendapat ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa organisasi yaitu “Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien”
Setelah kita mengetahui berbagai macam tentang difinisi birokrasi, disini akan lebih dijelaskan tentang bentuk sebuah organisasi. Bentuk organisasi disini akan lebih menjelaskan dalam konsep nyata bagaimana wujud sebuah organisasi yang ada dalam suatu masyarakat social.  

Baca Selengkapnya.....

0 Comments