“PELAYANAN PRIMA KEPADA PELANGAN PT. ASKES Melalui PROGRAM PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU di RUMAH SAKIT (PPATRS)”

PELAYANAN PRIMA KEPADA PELANGAN PT. ASKES Melalui PROGRAM PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU di RUMAH SAKIT (PPATRS)*
oleh Dr. Rosa Christiana Ginting, Betr.med; MHP dan Ka. Divisi Pelayanan Kesehatan PT ASKES
 
A. LATAR BELAKANG
    Secara sadar ataupun tidak kita pada saat ini sudah memasuki era Globalisasi dengan segala sisi positif dan negatifnya. Salah satu aspek nyata yang ditimbulkan oleh era globalisasi ini adalah “kompetisi” yang semakin tajam dan semakin berat antar pelaku bisnis dalam rangka merebut pasar/pelanggan.
     Untuk daerah ASEAN globalisasi untuk sektor usaha jasa adalah AFAS (Asean Free Agreement on Services) yang ditandai dengan 5 karakteristik yaitu:
1. Cross border supply dan Consumption abroad yang berarti kebebasan kepada pemasok asing untuk memasuki pasar lokal dan sebaliknya kebebasan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi jasa dari luar negeri
2. Commercial presence; yang diartikan kebebasan perusahaan asing untuk mendirikan atau melakukan usaha di dalam negeri
3. Presence of natural person; yaitu kebebasan orang asing untuk memasuki pasar dalam negeri
4. Most favored nation & national treatment; yaitu perlakuan yang sama dalam hubungan antar bangsa dan tidak ada perbedaan ketentuan dalam besarnya modal yang di stor antara perusahaan dalam negeri dan asing.
Secara resmi AFAS mulai diberlakukan pada tahun 2003; namun kenyataannya didalam operasional bisnis di lapangan pada saat inipun karakteristik tersebut diatas sudah banyak diberlakukan.
    Dengan karakteristik tersebut diatas secara garis besar berarti bahwa ada kemudahan bagi perusahaan dari lingkungan negara ASEAN untuk mengembangkan usaha di sektor jasa, termasuk jasa asuransi dan asuransi kesehatan di Indonesia. Kondisi seperti ini tentu harus dipersiapkan dan diantisipasi secara tepat baik oleh pemerintah maupun pelaku bisnis di Indonesia agar perusahaan nasional tetap menjadi “the main busisness actor” di negara sendiri. Dengan perkataan lain era globalisasi harus dihadapi sebagai suatu peluang jangan sebagai ancaman.
      Salah satu kunci operasional yang harus diterapkan adalah customer retention melalui “pelayanan prima” kepada pelanggan sehingga pelanggan yang sudah ada tidak lari kepada perusahaan lain.

Baca Selengkapnya... Silahkan Download

0 Comments