EVALUASI LINGKUNGAN KEBIJAKAN

A. Pengantar
   Berbicara tentang evaluasi lingkungan kebijakan membuat kita semakin mengerti secara umum tentang studi evaluasi lingkungan kebijakan. Dlam studi evaluasi kebijakan ada 3 sub bahasan yaitu evaluasi formulasi, evaluasi implementasi dan evaluasi lingkungan. Dalam resume kali ini kita akan membahas sub bahasan yang ke tiga yaitu evaluasi lingkungan kebijakan. Sedikit refrensi atau artikel yang membahas tentang evaluasi lingkuangan kebijakan. Padahal evaluasi lingkungan kebijakan sangat penting untuk mengetahui bagaimana suatu kebijakan dalam arti pengaruh lingkungan terhadap kebijakan tersebut.
   Sebelum kita membahas tentang evaluasi lingkungan kebijkan kita akan menerangkat secara ontologi atau secara terpisah. Dimana terdapat konsep evaluasi dan konsep lingkungan kebijkan. Dari kedua konsep tersebut nanti akan dibahas secara utuh.

B. Evaluasi 
   Menurut W. Dunn, dalam muklir (2011) istilah evaluasi mempunyai arti yang berhubungan, masing-masing menunjuk pada aplikasi beberapa skala nilai terhadap hasil kebijakan dan program. Evaluasi mencakup kesimpulan + klarifikasi + kritik + penyesuaian dan perumusan masalah kembali. Studi evaluasi ini mempunyai 2 (dua) pendekatan (Sudiyono,1992) yaitu : Pendekatan kepatuhan, asumsinya apabila para pelaksana mematuhi semua petunjuk atau aturan yang diberikan maka implementasi sudah dinilai berhasil. Kemudian pendekatan ini disempurnakan lagi dengan adanya pengaruh : a) ekstern, kekuatan non birokrasi dalam pencapaian tujuan, b) intern, program yang dimaksudkan untuk melaksanakan suatu kebijakan sering tidak terdesain dengan baik sehingga perilaku yang baik dari para pelaksana (birokrasi) tetap tidak akan berhasil dalam mencapai tujuan kebijakan.

Baca Selengkapnya... Silahkan Download
Previous
Next Post »
Thanks for your comment