ELECTRONIC GOVERNMENT PT. PLN DISTRIBUSI JAWA TIMUR

A. Latar Belakang

1. Sejarah E-gov
     Revolusi Industri pada abad ke-17, merupakan awal dari perkembanganya lahirnya ilmu komunikasi dan informasi. Teknologi komunikasi dan informasi telah banyak memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi kehidupan manusia modern. Perkembangan telematika telah membuka berbagai bentuk tatanan ekonomi baru dan transformasi sosial dimana baik kelompok negara maju maupun negara berkembang dapat memanfaatkan potensi telematika. Peningkatan pembangunan infrastruktur, pembukaan pasar dan system perdagangan baru. Semua ini adalah hasil dari perkembangan ilmu telematika.
    Perubahan tatanan ekonomi dunia yang dipicu kemajuan dibidang Information and Communication Technology (ICT) telah membawa perkembangan baru dalam struktur industri telematika di banyak negara. ICT dalam bahasa Indonesia ini dikenal juga dengan istilah telematika yang didefinisikan sebagai bentuk konvergensi teknologi informasi (IT), telekomunikasi, multimedia dan penyiaran. Gelombang deregulasi, liberalisasi dan privatisasi yang dimulai sejak era tahun 1980-an telah banyak mempengaruhi regulator dan para pengambil keputusan dalam menata industri telematika mereka.
         Semakin diperlukannya peningkatan kualitas pelayanan publik telah menjadi pendorong utama rencana pelaksanaan electronic government (e- gov) sebagai salah satu aplikasi telematika di pemerintahan. Disamping itu, berbagai manfaat dan peluang ekonomi yang ditawarkan telematika, bangkitnya kesadaran berdemokrasi seperti tuntutan pelaksanaan otonomi daerah, komitmen pemerintah untuk mengakhiri praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta tuntutan yang semakin gencar agar dilaksanakannya good governance telah pula mempercepat dimulainya pelaksanaan e-gov.

Baca Selengkapnya... Silahkan Download

0 Comments