DINAMIKA KELOMPOK TANI HUTAN RAKYAT: STUDI KASUS DI DESA KERTAYASA, BOJA DAN SUKOREJO DALAM PRESPEKTIF TEORI DINAMIKA KELOMPOK

A. Latar Belakang
   Di abad 21 ini pergerakan social sangat tinggi. Mobilitas social disemua lini kehidupan terus meningkat. Persaingan yang semakin ketat dalam memenuhi kebutuhan hidup menuntut manusia harus selalu flesibel dan dinamis menghadapi perputaran roda jaman tersebut.
Manusia yang tentun akan terlindas jika dia beradaptasi dengan dinasmisnya perubahan social yang terjadi. Manusia butuh sebuah kelompok yang akan mengukuhkan dirinya dan membantunya agar dia tetap mampu bertahan hidup dan beradaptasi dengan perubahan jaman. Kelompok akan sangan membatu manusia yang ada didalamnya dalam mencapi tujuan yang diinginkanya. Dengan kelompok persaingan akan menjadi lebih mudah dihadapi.
     Dalam mkalah kali ini akan membahas pergerakan kelompok untuk beradaptasi dengan perubahan social yang akhirnya menghasilkan sebuah dinamika kelompok. Studi kasus efek dari dinamika kelompok akan kita bahas dengan teori dinamika kelompok secara ideal dengan didasri dengan landasan teoritis yang benar pemikiran kritis dan realistis. Oleh sebab itu penulis ingin menghadirkan sebuah makalah yang mengulas tentang ruang lingkup dinamika kelompok sejahu ini dalam tataran teori untuk dibandingkan dengan keadaan lapangan studi kasus dinamika kelompok dinegara kita Indonesia. Apakah tetap relevan teori yang diada saat ini untuk member solusi atas masalah-masalah dinamika kelompok.
 
B. Rumusan Masalah
1. Apa sajakah ruang lingkup dinamika kelompok?
2. Bagaimanakah studi kasus dinamika telompok tani hutan rakyat yang terjadi di Desa Kertayasa, Boja dan Sukorejo?
3. Bagaimanakah analisis kasus dinamika telompok tani hutan rakyat yang terjadi di Desa Kertayasa, Boja dan Sukorejo berdasarkan prespektif teori dinamika kelompok yang ada saat ini?

C. Tujuan
1. Untuk mengetahui ruang lingkup dinamika kelompok.
2. Untuk mengetahui kasus dinamika telompok tani hutan rakyat yang terjadi di Desa Kertayasa, Boja dan Sukorejo.
3. Untuk mendapatkan pemahaman tentang analisis dan solusi yang diberikan oleh teori dinamika kelompok secara ideal terhadap kasus dinamika telompok tani hutan rakyat yang terjadi di Desa Kertayasa, Boja dan Sukorejo.

D. Manfaat
1. Bagi Mahasiswa dan Masyarakat:
Memberi pengetahuan baru kepada mahasiswa khususnya bahasiswa di bidang ilmu administrasi negara dan memeberi informasi kepada masyarakat tentang bagaimana menanggapi dinamika kelompok yang terjadi dimasayarakat.
2. Memberi pendangan kepada masyarakat dan mahasiswa apakan masih relevan teori dinamika kelompok secara ideal memneri solusi terhadap kasus2 dinamika kelompok yang terjadi di Indonesia.

Baca Selengkapnya... Silahkan Download

0 Comments