Country Profil Republik Slovakia

A. PROFIL NEGARA
    Nama resmi Negara yaitu The Slovak Republik. Slovekia dipimpin oleh seoarang kepala Negara /Presiden yaitu Ivan Gasparovic. Letak geografis berada di wilayah Eropa Tengah dengan koordinat geografis 48 40 N (Utara), 19 30 E (Timur). Luas wilayahnya yaitu 48.845 km persegi (daratan seluas 48.00 km persegi dan air seluas45 km persegi. Organisasi Federasi dalam Negara Slovakia yaituNegara anggota Uni Eropa (Sejak 1 Mei 2004) Territorial Division: 8 Higher-Tier Territorial Units 8 Regions (propinsi): Bratislava, Trnava, Nitra, Trencin, Zilina, Banska Bystrica, Presov, Kosice. Perbatasan Republik Slovakia yaitu Berbatasan dengan Rep. Ceko dan Polandia di sebelah Utara; Austria di sebelah barat ke selatan; Hongaria di sebelah selatan ke tenggara; dan, Ukraina di sebelah timur. Jumlah penduduk Negara tersebut sebanyak 5,463,046 jiwa (est Juli 2009) 51,4% perempuan. Komposisi Etnis: Slovak 85,8%, Hongaria 9,7%, Roma (Gypsy) 1,7%, Rusyn-Ukraina- Jerman-Polandia 1%, Lain-lain: 1,8% (sensus 2001) Pertambahan penduduk: 0.137% (est Jul. 2009). Ibukota Negaranya yaitu Bratislava. Mata uang dalam Negara ini yaitu Euro. Pertumbuhan GDP 6,4% pada tahun 2008. Pendapatan perkapita penduduk rata-rata US$ $22,000- (est, 2008). Afiliasi
Slovakia yaitu Anggota PBB, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), Australia Group, BIS, BSEC (observer), CCC, CE, CEI, CERN, EAPC, EBRD, ECE, EU (applicant), FAO, IAEA, IBRD, ICAO, ICFTU, ICRM, IDA, IFC, IFRCS, ILO, IMF, IMO, Inmarsat, Intelsat (nonsigNATOry user), Interpol, IOC, IOM, ISO, ITU, MONUA, NSG, OPCW, PCA, PFP, UN, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UPU, WEU (associate partner), WFTU, WHO, WIPO, WMO, WTO.

B. F ALSAFAH NEGARA
Negara Slovakia adalah Negara Hukum sekuler yang berdasarkan atas asas-asas demokrasi yang diimplementasikan dalam bentuk Pemerintahan Parlementer Hukum tertinggi di Slovakia diatur dalam Konstitusi Republik Slovakia yang diratifikasi pada tanggal 1 September 1992 dan mulai berlaku penuh sejak 1 Januari 1993. Pada bulan Juli 1992, para wakil-wakil Parlemen Slovakia (dari Federasi Cheko & Slovakia) mengadopsi “the Declaration of the Slovak National Council on the sovereignty of the Slovak Republic”.
Konstitusi Republik Slovakia diadopsi pada tanggal 1 September 1992 dan efektif berfungsi pada tanggal 1 Oktober 1992 dan kemudian mengubah nama Slovak National Council menjadi the National Council of the Slovak Republic. Pada tanggal 25 November 1992, anggota-anggota Majelis Federal meratifikasi UU Konstitusi atas pisahnya Republik Federasi Ceko dan Slovak. Dengan demikian pada tanggal 1 Januari 1993 Republik Slovak berdiri sebagai negara terpisah dari Ceko. Sidang Parlemen Slovakia pada tanggal 15 Februari 1993 memilih Presiden Michal Kováč sebagai Presiden Slovakia yang pertama dan sejak saat itu pemerintah secara bertahap mulai membuat organisasi undangundang negara yang merdeka. Sistem hukum yang dianut adalah civil law yang berdasarkan kodifikasi hukum Austro-Hungarian. Slovakia tidak mengakui keputusan Mahkamah Internasional sebagai keputusan yang mengikat. Saat ini tengah dilakukan penyesuaian terhadap seluruh kitab undang-undang di Slovakia dalam rangka menyelaraskan sistem hukum dengan standar OSCE (Organization on Security and Cooperation in Europe) dan Uni Eropa. Produk reformasi perundang-undangan lainnya yang yang sedang diselesaikan oleh Parlemen Slovakia untuk disesuaikan dengan ketentuan negara-negara anggota Uni Eropa adalah antara lain Undang-undang Pensiun, Undang-undang Pendidikan, Undang-undang Kesehatan.

Baca Selengkapnya... Silahkan Download
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
19 Mei 2013 03.38 ×

dimana saya bisa baca selengkapnya? kebetulan saya butuh data pertahanan negara slovakia

Selamat Maharani dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment