ANALISIS PENGARUH ESQ TERHADAP STUDI KEPEMIMPINAN

    Kepemimpinan mempunyai fungsi yang fundamental dalam kehidupan bermasyarakat. Tanpa kehadiran pemimpin yang mampu membawakan kepemimpinan yang baik dan benar mustahil akan tercipta masyarakat atau bangsa yang berma
rtabat. Studi kepemimpinan secara epistimologi diusung dengan pendekatan multidisiplin dan multidimensi. Dengan pernyataan tersebut dapat diketahui bahawa untuk memahami secara holistik agar dapat mempertajam pandangan tentang studi kepemimpinan kita perlu menganalisis apa saja yang mempengaruhi kepemimpinan.
      ESQ merupakan topic yang sangat hangat dibicarakan saat ini. Konsep ESQ sendiri berawal dari diri seorang individu/insan yang dipengaruhi oleh kecerdasan, spiritual dan emosional yang menghasilkan individu yang mulia. Dari pengertian singkat tentang ESQ yang lebih dominan dalam mempengaruhi prilaku seorang individu dalam bertindak. Artikel ini akan memcoba menganalisis apakah ESQ dapat mempengaruhi prilaku kepemimpinan seseorang, dan dimana pengaruhnya serta implikasi dari pengharu ESQ terhadap kepemimpinan. Untuk lebih jelas dan mudah dalam menganalisis pengaruh ESQ dalam kepemimpinan, disini akan dijelaskan secara terpisah antara ESQ, Kepemimpinan dan hubungan keduanya.

A. ESQ (Emosional Spritual Quetient)
       Salah satu cara yang paling handal dalam pembentukan watak adalah dengan pengembangan ESQ (Emosional Spritual Quetient). ESQ merupakan gabungan emotional, spriritual dan quontient, yaitu kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Di dalam konsep ESQ, semua manusia punya intelektual dan punya emosional, tapi kedua hal tersebut tidak sempurna kalau tidak disatukan dengan kecerdasan spriritual. Dengan ESQ membentuk karakter yang mengetahui jati dirinya, mengetahui Tuhannya, mengetahui orang tuanya menurut agamanya masing-masing, Dengan ESQ juga akan terrbentuk nilai dasar yang jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, adil, peduli, visioner, rasa saling menghormati, rasa saling menyayangi, tidak ada lagi saling menjatuhkan, saling membenci antara satu agama dengan agama lain, satu suku dengan suku lain.

Baca Selengkapnya... Silahkan Download

0 Comments