ANALISIS JURNAL PENELITIAN DENGAN PRESPEKTIF STUDI KEPEMIMPINAN (Teori Michigan)

A. Studi Kepemimpinan Michigan
1. Teory

        Penelitian yang dilakukam oleh Universitas Michigan menemukan adanya dua macam perilaku kepemimpinan, yaitu the job-centered (terpusat pada pekerjaan) dan the employee-centered (terpusat pada pegawai).
     Perilaku kepemimpinan yang terpusat pada pekerjaan memiliki ciri-ciri yang sama dengan perilaku struktur tugas, sedangkan perilaku kepemimpinan yang terpusat pada pegawai memiliki ciri-ciri yang sama dengan perilaku tenggang rasa. Dengan demikian baik penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ohio maupun penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan menemukan hal yang sama yaitu adanya dua macam perilaku kepemimpinan. Perbedaan antara kedua penelitian tersebut adalah terletak pada perbedaan hubungan antara dua macam perilaku yang berhasil diketemukan. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ohio perilaku struktur tugas dan perilaku tenggang rasa berdiri bebas tidak saling mempengaruhi seperti yang duraikan yang didepan. Sebaliknya menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan perilaku yang terpusat pada pekerjaan dan perilaku yang terpusat pada pegawai saling berhubungan sebagai kontinum. Artinya, seorang pemimpin yang berperilaku terpusat pada pekerjaan dengan drajat yang tinggi akan berakibat perilakunya yang terpusat pada pegawai berderajat rendah; seorang pemimpin yang berperilaku terpusat pada pekerjaan dengan derajat yang rendah akan berakibat perilakunya yang terpusat pada pegawai berderajat tinggi.
       Kontinum merupakan suatu garis yang diawali dengan titik yang menunjukkan perilaku yang terpusat pada pekerjaan yang diakhiri dengan titik yang menunjukkan perilaku yang terpusat pada pegawai. Hal itu ditunjukkan dengan gambar sebagai berikut:

Baca Selengkapnya... Silahkan Download
Previous
Next Post »
Thanks for your comment