BEST PRACTICE E-GOVERNMENT HOME TAX SERVICE DI KOREA SELATAN


A.    Latar Belakang
Dalam abad ke-21 ini mobilitas masyarakat dunia semakin tinggi. Mobilitas tersebut didorong oleh keinginan masyarakat dalam mempertahankan hidupnya. Tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan hidupanya, masyarakat modern lebih berkompetisi dalam meningkatkan prestis dan mengaktualisasikan dirinya. Efek Globalisasi yang lagi-lagi akan disebut sebagai sesuatu yang harus bertanggungjawab dalam masalah ini.
            Globalisasi yang sudah menjadi virus internasional tidak bisa ditahan lagi oleh negara-negara Dunia. Negara maju maupun berkembang beradaptasi agar dapat berkompetiasi dengan globalisasi ini. Perkembangan yang dapat dilihat dan dirasakan dari globalisasi ini yaitu adanya pasar bebas yang mengakibatkan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi semakin pesat dan menembus ruang dan waktu.
            Dengan efek teknologi ini proses dinamika masyarakat menjadi deras. Kebutuhan masyarakat menjadi tidak terbatas. Walaupun begitu semua usaha yang dilakukan oleh masyarakat disuatu Negara tidak serta merta didapatkan begitu saja. Ada serangkaian regulasi yang mengatur masayarakat didalamnya. Masyarakat tidak mampu untuk memenuhi kebutuhanya semaunya sendiri tanpa campur tangan pemerintah.
            Keberadaan individu-individu yang lazimnya disebut sebagai warga Negara memiliki konsekuensi logis harus menaati semua aturan yang ada dinegara teersebut. Keadaan crusial ini yang akan dialami oleh kedua belah pihak yaitu pemerintah dan masayarakat (society). Disatu sisi masayarakat mempunyai keingginan yang tidak terbatas dan harus menaati peraturan pemerintah untuk mendapatkan apa yang diinginkan, sedangkan disisi lain kemampuan pemerintah terbatas dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya.
            Untuk memberi solusi dari masalah tersebut pemerintah juga dapat memanfaatkan dampak globalisasi yaitu kemajuan teknologi dalam melakukan pelayanan kepada masayarakat yang menginginkan sesuatu yang praktis dan ekonomis. E-Gov itulah sebutan kampanye popular yang kita sering dengar dari suatu pemerintah yang meramu dan mengkolaborasikan pelayanan kepada masyarakat dengan perangkat cangih tersebut.
            Wawasan tentang e-gov perlu di kampayekan dan di pahami agar setiap orang baik pemerintah maupun masyarakat sipil dapat memperoleh keuntungan dari e-Gov tersebut. Untuk itu makalah ini sengaja dibuat tidak lain bertujuan untuk memberi wawasan tentang Best Prectice e-Gov yang ada di belahan Dunia ini. Yang mengambil sample praktek e-Gov di suatu Negara. Dengan disertai analisis tentang praktek tersebut dengan mensintentiskan dengan teori yang ada saat ini.

Baca selengkapnya....

0 Comments